Pertagas Capai Aspek TPB ke Delapan

Pertagas Capai Aspek TPB ke Delapan
Pertagas Capai Aspek TPB ke Delapan

HALOPOS.ID|BANYUASIN – Penguatan ekonomi masyarakat merupakan upaya Pertagas mencapai aspek Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) pada tujuan ke 8 yakni Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.

Kegiatan ini juga selaras dengan prinsip perusahaan yang mengepankan aspek Enviromental, Social, dan Governance (ESG) dalam pelaksanaan proses bisnisnya untuk memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitar area operasi Pertagas, khususnya area Pertagas OCSA yang mengoperasikan pipa penyaluran minyak dari Tempino Plaju.

PT Pertamina Gas (Pertagas) salah satu afiliasi Sub Holding Gas Pertamina menggelar pelatihan pengemasan dan pengawetan nanas untuk kelompok PKK Harmoni di desa Lubuk Karet kecamatan Betung kabupaten Banyuasin.Minggu (21/7).

Pelatihan berlokasi dekat Booster Station 77 ini diharapkan mampu mendorong warga desa Lubuk Karet untuk dapat meningkatkan produksi produk UMKM lokal disana, utamanya bagi anggota kelompok yang terdiri dari ibu-ibu yang sudah memiliki keahlian dalam pengolahan nanas.

Pertagas melalui unit usahanya, Operation Central Sumatera Area (OCSA), bekerja sama dengan Pemerintah Desa, Ketua RT, Tokoh Masyarakat dan kelompok PKK Harmoni dalam penyelenggaraan pelatihan tersebut.

Pelatihan ini mengundang Casella Husnan Putri sebagai narasumber dari Rumah Sehat QIFA Palembang yang telah berhasil membuat produk makanan dan minuman yang awet dan sehat yang menggunakan bahan pengawet alami.

Pada kesempatan pelatihan kali ini, Kelompok PKK Harmoni belajar bagaimana proses pengawetan dan pengemasan yang baik. “Selama ini kami terkendala pada pengawetan olahan sirup nanas yang hanya bertahan 1-2 hari. Selain pengawetan alami, kami juga belajar banyak terkait pengemasan produk yang baik” ujar Nurul ketua PKK Harmoni sambutannya.

Tambah Nurul, kami sangat berterima kasih atas adanya Pelatihan ini. Kami para ibu-ibu mendapatkan banyak ilmu dan mendapatkan motivasi untuk mengembangkan usaha bersama kelompok PKK Harmoni. Saya juga mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta dalam menjaga Objek Vital Nasional pipa Pertamina Gas yang melintasi desa kita, karena ini adalah aset bersama.

Dalam sambutannya, perwakilan Pertagas OCSA, Aditya Anjasmara selaku Tim Operasi Distrik Palembang menyampaikan bahwa dukungan Pertagas kali ini sangat bermanfaat bagi masyarakat “Kami berharap kontribusi Pertagas dapat membantu warga desa Lubuk Karet, terutama anggota PKK Harmoni untuk dapat mengembangkan UMKM lokal berbasis nanas” tuturnya.

Sementara Head of External Relation West Region, Diana Santi yang ikut menghadiri acara menyatakan bahwa Pertagas berkomitmen akan terus konsisten dalam melaksanakan program CSR yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, terutama dalam mendorong pemberdayaan masyarakat termasuk kaum rentan seperti para perempuan dan upaya pengembangan UMKM lokal.

“Pertagas berkomitmen untuk berperan aktif dalam mendukung adanya UMKM lokal. Kami yakin bahwa dengan adanya UMKM lokal desa dapat mendorong terciptanya banyak peluang ekonomi bagi masyarakat” ucap Diana. (MLN)