Permudah Layanan ASN, Pemkab Banyuasin Launching SIAP

Sekretaris Daerah Banyuasin, Erwin Ibrahim, saat melaunching Sistem Informasi Administrasi Pegawai (SIAP), Kamis (4/9/2025). (Foto: Humas Pemkab Banyuasin)
Sekretaris Daerah Banyuasin, Erwin Ibrahim, saat melaunching Sistem Informasi Administrasi Pegawai (SIAP), Kamis (4/9/2025). (Foto: Humas Pemkab Banyuasin)

HALOPOS.ID|BANYUASIN – Dalam rangka mendukung digitalisasi pelayanan aparatur sipil negara (ASN), Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuasin, Erwin Ibrahim resmi melaunching Sistem Informasi Administrasi Pegawai (SIAP). Peresmian ini turut disaksikan Kepala BKPSDM Kabupaten Banyuasin, Edhi Haryono, Kamis (4/9/2025).

Acara berlangsung di Auditorium Pemkab Banyuasin secara hybrid dengan partisipasi seluruh Organisasi Perangkat Daerah. Kehadiran platform SIAP menjadi langkah nyata pemerintah daerah dalam menghadirkan pelayanan administrasi ASN yang lebih efektif.

Dalam sambutannya, Sekda Erwin menegaskan kehadiran SIAP akan mempermudah layanan administrasi kepegawaian. ASN tidak lagi harus datang langsung ke kantor karena proses sudah bisa dilakukan secara daring.

“Dengan adanya SIAP menunjukkan wujud aksi bagaimana kita berusaha menjadikan urusan administrasi ini menjadi lebih mudah dan cepat,” ujarnya.

Ia juga meminta agar layanan ini terus dievaluasi setiap tiga bulan sekali. Evaluasi penting dilakukan agar pemanfaatan SIAP semakin optimal dan benar-benar dirasakan manfaatnya oleh seluruh ASN di Kabupaten Banyuasin.

Kepala Bidang Mutasi BKPSDM Banyuasin, Yunita Nuzulina, menjelaskan SIAP merupakan platform digital untuk mengelola administrasi kepegawaian secara online. Sistem ini memungkinkan proses mutasi, kenaikan pangkat, gaji berkala, hingga pengangkatan jabatan fungsional dilakukan secara transparan dan efisien.

Untuk saat ini SIAP berbentuk website dengan 10 layanan utama, mulai dari mutasi masuk, mutasi keluar, gaji berkala, kenaikan pangkat, pencantuman gelar, peninjauan masa kerja, penetapan jabatan fungsional, kenaikan jenjang, perpindahan jabatan, hingga penghentian jabatan.

Yunita menambahkan, salah satu keunggulan SIAP adalah fitur tracking system. Setiap proses dapat dipantau secara langsung sehingga pelayanan tercatat dengan jelas, mudah diawasi, serta meminimalisir potensi penyalahgunaan.

“Dengan sistem ini, transparansi dan akuntabilitas pelayanan bisa dijaga. ASN juga akan lebih mudah mengetahui sejauh mana proses administrasi yang sedang dijalani,” tegasnya.

Penulis: LanaEditor: Herwanto