Daerah  

Rakernas JKPI, Kepala Daerah pun Hadir

H Harnojoyo meninjau lokasi rakernas JKP
H Harnojoyo meninjau lokasi rakernas JKP

HALOPOS.ID|PALEMBANG – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IX Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) tahun 2022 akan digelar di Kota Palembang sebagai tuan rumah pada 2-5 November 2022.JKPI merupakan sebuah organisasi beranggotakan pemerintah kota dan kabupaten yang mempunyai keanekaragaman pusaka alam atau pusaka budaya (tangible dan intangible) yang bertujuan menjaga kelestarian pusaka alam, Benda Cagar Budaya (BCB) sebagai modal dasar untuk membangun ke masa depan.

Event JKPI 2022 direncanakan akan dibuka langsung oleh Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim dan juga dihadiri Menparekraf, Sandiaga Uno.

“Nanti akan hadir dua menteri ini dalam jadwal yang berbeda, tapi dalam satu acara, yaitu JKPI 2022,” kata Direktur Eksekutif JKPI, Asfarinau kepada awak media beberapa waktu lalu.

Asfarinau menjelaskan, pada event JKPI 2022 ini, Kota Palembang menjadi tuan rumah yang akan dipusatkan di Benteng Kuto Besak (BKB) dan sekitar Museum Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II.

“Serta Rakernas digelar di Hotel Aryaduta Palembang,” jelasnya.

Lanjut Asfarinau, rangkaian acara dimulai dari pembukaan kegiatan JKPI, seminar internasional, dan Rakernas di Hotel Aryaduta Palembang, acara dimulai 2 – 5 November 2022.

“Pameran, Bazar, Pentas Seni, dan Pawai Budaya atau karnaval akan dilaksanakan di Benteng Kuto Besak (BKB),” tuturnya.

Asfarinau menyebutkan Palembang menjadi tuan rumah event JKPI 2022, tentu akan memberi multi efek karena banyak tamu-tamu yang hadir termasuk dari negara asing.

Tujuan Rakernas JKPI 2022 sebagai agenda rutin lembaga, menjaga silaturahmi anggota, multi efek untuk ekonomi, karena tamu juga ada dari berbagai kota dan orang asing akan melihat langsung Palembang sebagai Kota Pusaka.

“Harapan saya melalui pertemuan budaya ini akan memperkaya ranah budaya, selain itu kota-kota di dapat mempersiapkan ruang untuk budaya sehingga Seniman dapat eksis,” ungkapnya.

Sementara, Wali Kota Palembang, H Harnojoyo menuturkan tamu yang akan hadir ke Kota Palembang pada event JKPI 2022 sekitar 10.000 lebih.

Mulai dari kepala daerah beserta jajarannya dan peserta dari berbagai Kabupaten/Kota di Indonesia yang tergabung dalam anggota JKPI.

Tiap kabupaten/kota akan mengirim sekitar 400 peserta pada Rakernas IX JKPI di Kota Palembang.

“Semoga ini akan sukses, yang hadir nanti lebih dari 10.000 peserta dari kabupaten/kota se-Indonesia, karena satu Kota atau Kabupaten saja mengirim sekitar 400 peserta,” kata H Harnojoyo kepada awak media usai rapat kesiapan akhir teknis pelaksanaan kegiatan Rakernas IX JKPI, Selasa 25 Oktober 2022.

Harnojoyo menuturkan, Kota Palembang akan memberi momen kenangan untuk para tamu yang berdatangan.

“Kehadiran banyaknya tamu dari luar kota menjadi momen dan kesempatan Kota Palembang sebagai tuan rumah untuk memberi kenangan kepada para tamu,” jelasnya.

Lanjut Harnojoyo, Rakernas IX JKPI tahun 2022 menjadi kesempatan besar sebagai ajang promosi Kota Palembang.

“Jadi tamu yang berdatangan berjumlah ribuan ini tentu memberi dampak ekonomi baik bagi Kota Palembang, mulai dari UMKM, restoran, hotel, tempat wisata, transportasi, dan lain sebagainya,” tutupnya.

Di sisi lain, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang, Ratu Dewa menyebutkan Rakernas IX JKPI tahun 2022 yang mendaftar 36 kabupaten/kota dari jumlah anggota JKPI sebanyak 73 Kabupaten/Kota di Indonesia.

“Para tamu dilokasikan menginap di Hotel The Zuri Palembang karena dekat dengan tempat acara, dan Hotel Aryaduta karena disana juga pembukaannya dan Rakernasnya, serta di berbagai hotel Kota Palembang karena tamu yang hadir ini banyak mencapai ribuan,” tukasnya.