Piala AFF U16: Timnas Indonesia Hajar Filipina 3 : 0

Timnas Indonesia U-16/Foto: PSSI
Timnas Indonesia U-16/Foto: PSSI

HALOPOS.ID – Timnas Indonesia U-16 akhirnya mampu menorehkan kemenangan kedua dalam laga lanjutan Grup A Asean Cup 2024. 

Bermain di Stadion Manahan Solo, Senin (24/6). Skuad besutan pelatih Nova Arianto itu berhasil menaklukan Filipina dengan skor telak 3-0.

Tiga gol yang dicetak Garuda Muda itu dihasilkan dari Evandra Florasta pada menit ke-66 dan Muhamad Mierza Firjatullah 71′ dan 90+2.

Hasil ini membuat timnas U-16 Indonesia masih akan tetap bersaing dengan Laos untuk menentukan siapa yang akan keluar sebagai juara grup di akhir penyisihan grup nantinya.

Pasalnya, Evandra Florasta dan kawan-kawan masih akan menjalani laga terakhir penyisihan grup melawan Laos pada 27 Juni 2024 mendatang.

Timnas Indonesia U-16 sebenarnya pada laga ini tampil dominan sejak menit pertama.

Mereka bahkan langsung melakukan serangan secara bertubi-tubi pada laga ini sejak menit ke-1 hingga menit ke-30 tampil cukup bagus.

Akan tetapi, mereka kesulitan membobol pertahanan rapat Filipina U-16 yang tampil solid. Hingga turun minum tidak ada gol yang tercipta dari kedua tim.

Usai bermain imbang 0-0 pada babak pertama, Indonesia langsung menekan di babak kedua. Tendangan kaki kiri Evandra pada menit ke-56 terlalu lemah sehingga ditangkap kiper Francisco.

Gol yang ditunggu-tunggu Indonesia datang pada menit ke-65 melalui tembakan kaki kiri Evandra Florasta. Bermula dari tembakan Daniel Alfrido yang diblok lawan, bola liar langsung disambar Evandra dengan sepakan kaki kiri.

Gol itu jadi yang pertama setelah 19 percobaan shot on goal Tim Merah Putih dalam laga ini. Tuan rumah bertekad menggandakan keunggulan pada menit ke-69, tetapi sepakan Fadly Alberto melayang di atas mistar gawang.

Mochamad Mierza Firjatullah menggandakan keunggulan Indonesia jadi 2-0 pada menit ke-71. Mendapat umpan terobosan Fadly Alberto, Mirza menggiring bola hingga kotak penalti kemudian menempatkan bola dengan apik tanpa bisa dihalau kiper Filipina.

Mierza mencetak gol kedua dalam pertandingan ini yang membawa Indonesia unggul 3-0 pada menit ke-90+2. Mierza memanfaatkan bola rebound di dalam kotak penalti Filipina dengan sepakan kaki kiri. Indonesia U-16 menang telak 3-0 atas Filipina di Piala AFFU-16 2024.  (*)