H-4 Lebaran, Jumlah Pemudik Di Sumsel Naik 3 Persen

Penumpang Sebang Menunggu Di Terminal Bus Damri
Penumpang Sebang Menunggu Di Terminal Bus Damri

HALOPOS.ID|PALEMBANG – Pada H-5 Idul Fitri 1445 Hijriah, animo masyarakat untuk mudik sudah mulai terlihat ramai. Diperkirakan puncak arus mudik terjadi h -3 jelang lebaran.

Kepala bidang angkutan jalan Dishub  Sumsel, R. Ahmad Pansyuri mengatakan peningkatan penumpang mengalami kenaikan hingga 3 persen atau sekitar 152.229 orang penumpang dari tahun sebelumnya.  Kesiapan juga dilakukan di berbagai moda transportasi, seperti melakukan pemeriksaan dan inspeksi terhadap staff dan armada yang digunakan saat keberangkatan sampai tiba di tempat  tujuan.

“Sebanyak 159 kendaraan  Angkutan umum antar kota dalam Provinsi (AKDP) dengan rute kabupaten kota yang berada di Sumatera Selatan,” juga menyiapkan sarana dan prasarana  seperti terminal tipe  A dan Tipe  B selain  tempat titik simpul transportasi darat juga akan digunakan sebagai Rase Area bagi para pemudik, ”jelas Pansuri saat diwawancarai di Palembang, Jumat (5/4/2024).

Terminal tife A ada 7 terminal di sumatera selatan dan tife B ada 7 terminal posko pelayanan,

”Selain posko pelayanan terpadu dan ada posko induk sebagai pusat informasi yang berada di kabupaten dan kota sebanyak 17 posko di Sumatera selatan. Yang di buka dari H-7 hingga H+7 atau 3 april hingga 14 april 2024 mendatang yang berkerja sama dengan TNI dan POLRI .” ungkapnya

Berharap kepada seluruh pemudik yang akan melakukan perjalan untuk selalu menjaga kondisi kendaraan dan kondisi kesehatan jangan memaksakan diri, bagi pemudik pemula diimbau untuk mudik diwaktu pagi dan sore, kondisi cuaca dan jalan saat malam tidak bisa di prediksi. (Ad)