Pemkab OKU Selatan Gelar Berbagai Kegiatan Kesehatan

Pemkab OKU Selatan Gelar Berbagai Kegiatan Kesehatan
Pemkab OKU Selatan Gelar Berbagai Kegiatan Kesehatan

HALOPOS.ID|MUARADUA – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu selatan (OKUS) mengadakan sebuah kegiatan yang sangat penting dalam upaya meningkatkan peran puskesmas. 

Serta mengadakan kegiatan lomba balita sehat ini, meningkatkan kemampuan petugas puskesmas dalam pemberian pelayanan kesehatan, dan deteksi dini tumbuh kembang pada anak atau balita. Selasa, 09 Juli 2024.

Dinas Kesehatan Kabupaten ogan komering ulu selatan (OKUS) mengadakan Lomba Balita Sehat Tingkat Kabupaten OKU Selatan Tahun 2024, dengan peserta sebanyak 38 orang yang terdiri dari anak berusia 6-24 bulan dan 2-5 tahun.

Kegiatan Lomba Balita Sehat di Kabupaten OKU Selatan ini, sangat bermanfaat guna meningkatkan pengetahuan masyarakat setempat, tentang pentingnya kesehatan dan perkembangan anak.

Tidak hanya itu, kegiatan ini juga membantu para orangtua dan masyarakat untuk merangkul peran puskesmas pada perkembangan anak.

Menurut Ketua Pelaksana Kegiatan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Selatan, dr. Meri Astuti, M.M. yang disampaikan oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Zulfahmi, S.K.M., M.M., kegiatan ini merupakan salah satu upaya positif pemerintah guna meningkatkan kesehatan anak di OKU Selatan.

“Di samping itu, Lomba Balita Dan anak Sehat juga menjadi momentum bagi para orangtua dan masyarakat Kabupaten OKU Selatan, untuk mengenali lebih jauh peran puskesmas dalam membantu tumbuh berkembang anak yang sehat, baik secara fisik maupun mental,” menurut Zulfahmi selaku Sekretaris Dinas Kesehatan OKU Selatan.

Kegiatan ini pun mendapat apresiasi positif dari Bupati OKU Selatan Popo Ali M, B. Comm., yang diwakili oleh, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda OKU Selatan Ahmad, S.Pd.I.

Dalam kata sambutannya, beliau menuturkan. Ahmad, S.Pd.I. menyampaikan bahwa, kehadiran puskesmas dan peranannya sangat diperlukan, guna menopang tumbuh kembang anak sehat di masa depan.

Kegiatan ini juga, menjadi bukti konkret dari upaya pemerintah kabupaten OKU Selatan dalam memerangi masalah stunting anak.

“Saya berharap agar kegiatan Lomba Balita Sehat ini dapat dilaksanakan secara rutin, agar pengenalan dan peran puskesmas pada anak balita dan keluarga terus terjaga dan semakin meningkat,” ujar Ahmad Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda OKU Selatan.

Selain itu, Lomba Balita Dan anak Sehat yang digelar di Aula Guest House Pemkab OKU Selatan ini juga dihadiri oleh, berbagai unsur masyarakat dan organisasi di Kabupaten OKU Selatan.

Para Ketua Organisasi Wanita yang mewakili, Kadin PPPA KBPP, Kadin PMD, Kadisdik, Kadin Kominfo, Kadin Ketpang, Direktur RSUD, Para Camat, Ketua TP PKK Kecamatan Se Kabupaten OKU Selatan, Ketua IDI, Ketua IBI, Ketua POGI, dan Ketua Persagi, hadir dalam acara ini sebagai bentuk dukungan mereka bagi upaya kesehatan anak di OKU Selatan.

“Tidak hanya itu, lomba ini juga menyediakan sejumlah hadiah menarik bagi para pemenangnya, semakin menambah semangat para peserta agar terus memperhatikan kesehatan dan perkembangan anak,” jelasnya.

“Lomba Balita Sehat Tingkat Kabupaten OKU Selatan Tahun 2024, merupakan kegiatan yang sangat penting dan diharapkan akan terus dilaksanakan dalam rangka memperkuat peran puskesmas, dalam menunjang kesehatan dan pertumbuhan anak yang sehat Dan cerdas lebih baik di masa yang akan datang ,” tandasnya. (AN)