Kejuaraan Anggar Antar Pelajar Se-Sumatera 2024 Resmi Dibuka

Kejuaraan Anggar Antar Pelajar Se-Sumatera 2024 Resmi Dibuka
Kejuaraan Anggar Antar Pelajar Se-Sumatera 2024 Resmi Dibuka

HALOPOS.ID|PALEMBANG – Kejuaraan Anggar Antar Pelajar Se-Sumatera 2024 yang berlangsung di Venue Dayung Jakabaring Sport City (JSC) Palembang resmi dibuka, Jumat (5/7/2024). Sekitar 100 pelajar terbaik di Sumatera ikut ambil bagian pada kejuaraan yang digagas Pengprov IKASI Sumatera Selatan tersebut.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Selatan, Rudi Irawan, memberikan apresiasi kepada Pengprov IKASI Sumsel yang telah menyelenggarakan kejuaraan yang menjadi ajang evaluasi dan kompetisi para peanggar muda.

“Disini atlet anggar muda dapat mengukur prestasi mereka setelah sekian lama berlatih selama ini. Dari kejuaraan ini diharapkan muncul bibit atlet baru yang nantinya akan menjadi atlet andalan kedepan,” ujar Rudi usai membuka kejuaraan secara resmi.

Tidak hanya diikuti oleh atlet pelajar dari Sumatera yang mewakili Pengprov dan Pengcab, kejuaraan ini juga diikuti oleh para pelajar dari Pulau Jawa, masing-masing dari SKO Riau, SKO Surakarta dan PPLPD Kabupaten Bogor. Mereka diundang secara khusus untuk mengakomodir antusiasme yang besar atas regional perdana Pengprov Sumsel.

“Untuk anggar Sumsel dulu pernah masuk di PPLP tapi karena ada evaluasi jadi tidak lagi bergabung, sekarang sedang kami rancang anggar untuk PPLP Daerah. Mudah-mudahan bisa terealisasi di tahun depan,” cetus Rudi.

Sementara itu, Ketua Umum Pengprov IKASI Sumatera Selatan, Lukman Ahmady, mengatakan, kejuaraan yang dilaksanakan sebagai awal untuk menggerakkan kembali roda kompetisi secara berjenjang. Tidak hanya itu, penyelenggaraan kejuaraan tingakat regional Sumatera ini juga diharapkan menjadi ajang uji coba untuk penyelenggaraan event dengan skala yang lebih besar.

“Selama ini kejuaraan anggar antar pelajar hanya dilakukan di Pulau Jawa, dengan adanya kejuaraan ini para atlet khususnya tingkat pelajar akan lebih bersemangat untuk berprestasi,” beber maestro anggar Sumsel itu.

Lukman mengaku, atlet-atlet pelajar Sumsel memiliki potensi yang besar untuk berprestasi di tingkat nasional. Namun, semua itu menurutnya harus didukung dengan sarana dan prasarana yang saat ini masih menjadi kendala.

“Memang olahraga anggar ini masih tergolong mahal karena seluruh komponen peralatannya harus impor. Mudah-mudahan dengan dukungan dari semua pihak bisa ikut membantu meningkatkan prestasi anggar Sumsel,” pungkasnya.

Kejuaraan Anggar Anggar Antar Pelajar Se-Sumatera 2024 yang berlangsung dari tanggal 4-7 Juli mempertandingkan tiga kategori tingkat SD, SMP dan SMA dengan 20 nomor perorangan/beregu baik putra maupun putri.