Herman Deru Cik Ujang Unggul di Semua Lembaga Survei

HDCU--
HDCU--

HALOPOS.ID|PALEMBANG – Calon Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru unggul semua di survei. Bahkan berdasarkan temuan beberapa lembaga survei tersebut, elektabilitas Herman Deru rata-rata lebih dari 60 persen.

Temuan survei Lembaga Survei Indonesia (LSI), elektabilitas Herman Deru mencapai 63,7 persen. Sementara Mawardi hanya 11 persen dan Heri Amalindo 9 persen.

Kemudian menurut survei Konsep Indonesia, elektabilitas Herman Deru 65,3 persen. Unggul telak dari Mawardi Yahya yang hanya 13,3 persen dan Heri Amalindo 9,3 persen.

Bahkan berdasarkan informasi yang beredar, pada survei Pandawa Research, elektabilitas Herman Deru menyentuh 71 persen. Sementara Mawardi hanya 15,2 persen dan Heri Amalindo 5,5 persen.

Terakhir beredar pula di kalangan tertentu, temuan survei Pollmark Research Center, elektabilitas Herman Deru mencapai 63,9 persen. Jauh menguungguli Mawardi Yahya dengan 18,2 persen dan Heri Amalindo 7,7 persen.

Menanggapi hasil survei-survei tersebut, Pengamat Lembaga Studi Pemilu dan Politik (LSPP) Nurjaya mengatakan Herman Deru akan susah dikalahkan. Sebab menurutnya selisih elektabilitas dengan kandidat lain sudah terlalu jauh.

“Kalau melihat hasil survei yang ada sepertinya Herman Deru sudah bisa ditebak akan keluar sebagai pemenang. Susah untuk mengejar elektabilitas kandidat yang sudah menyentuh angka 60 bahkan 70 persen. Temuan survei juga tidak hanya Herman Deru sendirian, saat berpasangan dengan Cik Ujang juga elektabilitasnya tertinggi, tak terkalahkan,” kata Nurjaya saat diminta tanggapannya pada Sabtu (10/08/2024). (AD)