Gunung Semeru Erupsi, Jembatan Perak Putus

Kondisi Jembatan Perak yang menghubungkan kecamatan Pronojiwo dan kecamatan Candipuro, Jawa Timur, Sabtu (4/12) sore
Kondisi Jembatan Perak yang menghubungkan kecamatan Pronojiwo dan kecamatan Candipuro, Jawa Timur, Sabtu (4/12) sore

HALOPOS.ID|LUMAJANG – Gunung Semeru yang berada di kabupaten Lumajang, Jawa Timur, erupsi sore ini, erupsi terjadi diperkirakan pada pukul 15.00 WIB, Sabtu (4/12/2021). Erupsi berawal dengan munculnya lava kecil dan awan panas disekitar Semeru.

Erupsi Semeru mengeluarkan awan panas guguran sejauh satu kilometer, saat ini kondisinya masih fluktuatif. Sementara warga sekitar sudah dievakuasi untuk mengungsi ketempat yang lebih aman.

Dilansir dari Radar Semeru. Beberapa malam sebelum erupsi warga mendengar suara gemuruh yang cukup kuat dari dalam perut gunung. Dari atas puncak gunung masih terlihat kebulan asap berwarna putih kelabu yang bersumber dari kawah bertekanan sedang, guguran lava juga masih keluar dari bibir kawah hingga Sabtu sore.

Sementara itu, dilaporkan Jembatan Perak yang menghubungkan kecamatan Pronojiwo dan kecamatan Candipuro yang biasa dilintasi masyarakat, putus akibat aliran lahar dingin Semeru yang cukup deras.

Informasi yang di dapat dari pihak Polres Lumajang, saat ini sudah dilakukan pengalihan arus transportasi oleh pihak Polres Lumajang. Semua kendaraan dari arah probolinggo tujuan Malang dialihkan putar balik, Semua kendaraan dari arah Jember tujuan Malang dialihkan lewat Probolinggo, begitu juga kendaraan dari arah Malang menuju Lumajang dialihkan menuju Probolinggo.

Data terakhir yang didapat dari Pos Pengamatan Gunung Api Semeru, selama 24 jam terakhir, telah terjadi gempa letusan sebanyak 61 kali dan 23 kali gempa hembusan.

Karenanya, petugas mengimbau kepada warga sekitar yang melakukan aktivitas di aliran luncuran awan panas untuk selalu waspada. (**)

Editor: Hendra P