DPRD Sumsel Akan Tinjau Pekerja Pabrik Kertas Tewas di Bak Sampah

Wakil Ketua DPRD Sumsel, Muchendi Mahzareki,
Wakil Ketua DPRD Sumsel, Muchendi Mahzareki,

HALOPOS.ID|PALEMBANG – DPRD Sumatera Selatan akan meninjau lokasi kecelakaan kerja yang terjadi di PT OKI Pulp and Paper Mills hingga membuat pekerja, Ari Wibowo (28) tewas di dalam bak limbah pabrik. Dewan ingin mengetahui penyebab pekerja tewas dan sistem keselamatan kerja di pabrik kertas tersebut.

“Komisi V DPRD Sumsel baru membahasnya (di internal). Nanti, kita bersama dengan Dinas Ketenegakerjaan dan Transmigrasi Sumsel akan kroscek dan mendatangi laungsung lokasi kejadian yang membuat pekerja OKI Pulp and Paper Mills meninggal,” ujar Wakil Ketua DPRD Sumsel, Muchendi Mahzareki, Sabtu (18/5/2024).

Ia meminta instansi terkait di daerah juga untuk mencari tahu penyebab kejadian itu. Kemudian melakukan interogasi dan mempertanyakan penyebab kecelakaan kerja hingga membuat seorang pekerja tewas.

Polisi, juga diminta mengusut tuntas penyebab kematian tersebut, apakah karena kecelakaan kerja atau hal lain.

“Penyebabnya belum kita ketahui, kita harap pihak kepolisian mengusut tuntas apa yang menjadi penyebab kecelakaan kerja hingga menimbulkan kematian tersebut,” ungkapnya.

Tak hanya soal kematian, pihaknya juga akan mengawal pemberian jaminan kematian oleh pihak perusahaan kepada keluarga pekerja yang ditinggalkan.

Menurutnya, pekerja yang meninggal saat bekerja wajib dapat santunan karena sudah diatur dalam UU ketenagakerjaan. Proses itu akan dikawal hingga tuntas.

“Kita nanti juga akan mengecek proses pertanggungan kecelakaan kerja itu, bahwa jaminan kecelakaan kerja hingga menimbulkan kematian itu wajib diberikan perusahaan,” ungkapnya. (AD)