Dapat Dukungan 6 Parpol, HDCU Paslon Pertama Daftar ke KPU Sumsel

Dapat Dukungan 6 Parpol, HDCU Paslon Pertama Daftar ke KPU Sumsel
Dapat Dukungan 6 Parpol, HDCU Paslon Pertama Daftar ke KPU Sumsel

HALOPOS.ID|PALEMBANG – Pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru-Cik Ujang (HDCU), menjadi yang pertama mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel pada hari pertama pendaftaran, Selasa (27/8/2024).

Herman Deru dan Cik Ujang, telah mendapatkan dukungan dari enam partai politik, yaitu Nasdem, Demokrat, PKS, PSI, PBB, dan Perindo. Dengan dukungan tersebut, pasangan ini siap melanjutkan perjuangan politik mereka dalam Pilkada Sumsel.

Menggunakan pakaian koko putih, HDCU tiba di KPU Sumsel sekitar pukul 11.15 WIB, diantar oleh ribuan tim dan relawan. Setelah beristirahat di tenda transit, mereka melanjutkan ke lantai I untuk menyerahkan berkas pencalonan.

KPU Sumsel menyatakan bahwa berkas pencalonan HDCU telah dinyatakan lengkap, namun akan dilakukan verifikasi lebih lanjut untuk memastikan kebenarannya.

“Hari ini kami pasangan pertama yang mendaftar, dan berkas kami telah dinyatakan lengkap. Kami mohon petunjuk untuk tahapan selanjutnya,” ujar Herman Deru setelah penyerahan berkas.

Setelah penyerahan berkas, HDCU menerima surat pengantar dari RSMH dan tanda mata dari KPU Sumsel. Dalam orasinya di Jakabaring Sport City (JSC), Herman Deru mengucapkan terima kasih kepada tim pemenangan dan relawan yang telah mendukungnya.

Dia juga menyatakan optimisme untuk meraih kemenangan dalam Pilgub Sumsel, berdasarkan antusiasme masyarakat dan pencapaiannya selama satu periode memimpin.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah mengantarkan kami. Insya Allah, HDCU akan menjadi pemenang Pilgub Sumsel,” ungkapnya.

Dia menjelaskan bahwa mendaftar di hari pertama adalah langkah yang normatif dan bertujuan untuk menyelesaikan tahapan dengan cepat agar jika ada koreksi dapat segera diperbaiki. Ia berharap tanggal pendaftaran ini menjadi tanggal yang baik.

Ketua KPU Sumsel, Andika Pranata Jaya, menyatakan bahwa verifikasi berkas pencalonan HDCU akan segera dilakukan. HDCU dijadwalkan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan di RSP Dr Mohammad Husin atau RSMH Palembang pada 28 Agustus pukul 07.00 WIB.

“Kami telah menerima syarat pencalonan dari HDCU. Dokumen persyaratan calon telah dinyatakan lengkap. Selanjutnya, berkas pendaftaran akan diverifikasi untuk memastikan keabsahannya,” kata Andika. (AD)