Tournament Grasstrack dan Motocross Piala Panglima TNI 2024 Resmi Dibuka

Tournament Grasstrack dan Motocross Piala Panglima TNI 2024 Resmi Dibuka
Tournament Grasstrack dan Motocross Piala Panglima TNI 2024 Resmi Dibuka

HALOPOS.ID|PALEMBANG – Kodam II Sriwijaya menggelar Open Turnamen Grasstrack dan Motocross Piala Panglima TNI 2024 dalam rangka HUT ke 79 TNI, selama 2 hari, tanggal 26 sampai  27 Oktober 2024.

Open Turnamen Grasstrack dan Motocross Piala Panglima TNI 2024 ini dibuka secara resmi oleh Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI M. Naudi Nurdika, Sabtu (26/10/2024) di Sirkuit Yonif 200/Bhakti Negara, Gandus Palembang.

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dalam amanatnya yang dibacakan Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Naudi Nurdika menyampaikan, komitmen TNI untuk berperan aktif dalam peningkatan prestasi olahraga nasional, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan.

Panglima TNI menegaskan bahwa, kegiatan olahraga seperti open turnamen ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara prajurit TNI, Polri, dan masyarakat, sekaligus menjadi ajang pencarian atlet-atlet muda berbakat di cabang motocross.

Beliau juga menekankan bahwa olahraga, khususnya olahraga prestasi, memiliki peran penting dalam membentuk karakter moral dan mental para atlet.

“Olahraga bukan hanya menghasilkan perubahan fisik, tapi juga mental dan emosional, melalui nilai-nilai seperti sportivitas, kejuangan, kehormatan, disiplin, dan kerjasama. Inilah landasan karakter moral yang akan meningkatkan kemampuan dan prestasi para atlet,” ujarnya.

Di akhir amanat, Panglima TNI juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia penyelenggara yang telah bekerja keras dalam mempersiapkan turnamen ini.

Dirinya berharap acara ini akan memotivasi para atlet untuk mengukir prestasi dan memperkuat kebersamaan antara TNI dan masyarakat untuk Indonesia yang lebih maju.

Usai membuka Open Tournament, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Naudi Nurdika menyampaikan harapannya agar ajang ini menghasilkan atlet-atlet berprestasi dengan kualitas unggul di level nasional maupun internasional.

“Antusiasme peserta luar biasa dengan sekitar 360 peserta yang mengikuti delapan kategori pertandingan. Ini menjadi kebanggaan tersendiri, dan menunjukkan betapa besarnya minat masyarakat terhadap ajang ini,” ujar Mayjen TNI Naudi.

Dirinya juga menyoroti besarnya hadiah yang diperebutkan, yaitu total hadiah sebesar Rp. 320 juta, termasuk enam unit motor.

Selain Open Tournament Grasstrack dan Motocross, kegiatan ini juga dirangkaikan dengan acara bakti sosial berupa pengobatan massal dan pemberian bingkisan, panggung hiburan serta fun Offroad yang berlangsung secara paralel, untuk menambah semaraknya acara.

Ke depan, Pangdam berharap arena ini dapat menjadi lokasi kegiatan nasional lainnya mengingat potensi besar yang ada.

“Acara ini diharapkan dapat berlanjut dan semakin mendorong pembinaan olahraga motor di Indonesia sekaligus mempererat silaturahmi antar masyarakat TNI dan komunitas olahraga,” pungkasnya. (DM)